NEWS
DETAILS

Sebagai umat muslim dan memiliki kewajiban menjalankan ibadah puasa tentu merupakan suatu tanggung jawab yang besar. Tetapi tuntutan pekerjaan juga memiliki tanggung jawab yang besar. Ketika menjalani hari-hari kerja sambil berpuasa terkadang membuat tubuh menjadi sangat lemah dan lesu. Eits, tetapi itu bukan alasan lho. Inilah tips agar kamu tetap semangat kerja saat puasa.

1. Banyak Konsumsi Air Putih
Sebagaimana kita tahu bahwa air putih memiliki peran yang cukup penting bagi tubuh kita. Untuk menghindari lesu saat bekerja, kamu harus banyak-banyak mengkonsumsi air putih ketika saat waktu berbuka hingga sahur. Seperti yang dianjurkan oleh salah satu produk air mineral di Indonesia, minum air putih paling tidak dengan sistem 2-4-2 saat sahur 2 gelas, saat buka puasa 4 gelas dan sebelum tidur 2 gelas. Minum air putih akan menjaga kadar oksigen dalam otak sehingga mengurangi rasa lesu dan mengantuk saat kamu di kantor.

2. Manfaatkan Waktu Istirahat
Ketika sedang berpuasa, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahatmu untuk menyegarkan kembali dirimu. Setelah membasuh tubuhmu dengan air wudhu dan menjalankan ibadah solat dzuhur, kamu bisa beristirahat sejenak. Tidur siang selama 20-30 menit juga perlu untuk mengembalikan semangatmu di siang hari ketika bekerja.Hal itu cukup membantu untuk menyempurnakan waktu istirahatmu yang mungkin berkurang ketika solat tarawih dan sahur.

3. Jangan Bicarakan yang Tidak Penting
Selain karena membicarakan hal-hal yang tidak penting tidak mendatangkan pahala bahkan cenderung haram, membicarakan hal-hal yang sekiranya kurang penting juga hanya akan membuat tubuhmu lelah. Hal itu akan menimbulkan rasa haus pada kerongkonganmu. Sayangkan, kalau hanya bersusah payah menahan haus tanpa mendapatkan pahala.

4. Kurangi Aktivitas
Pada hari-hari biasanya mungkin kamu termasuk orang yang aktif, ketika puasa sebaiknya kamu mengurangi aktivitas-aktivitas yang sekiranya kurang penting atau berlebihan. Bukan harus langsung berubah 180 derajat menjadi seseorang yang pendiam, hanya saja kamu harus bisa bijak dan memilah mana aktivitas yang penting dan mana yang bisa ditunda.

5. Asupan yang Baik
Selain menjaga tubuh dari kelelahan, asupan yang baik dan cukup juga memiliki peran penting untuk menjaga semangatmu ketika menjalankan puasa di kantor. Pilihlah makanan-makanan yang sehat dan bergizi ketika berbuka puasa dan sahur.

6. Perbanyak Ibadah
Di Bulan Ramadhan sebaiknya berpuasa niat karena Allah S.W.T karena dengan niat yang sempurna tekad kita akan semakin kuat menjalankan ibadah puasa walaupun harus bekerja keras. Hindarilah perbuatan - perbuatan yang bisa mengurangi kadar pahala berpuasa seperti mencela, berbohong, menggunjing orang dan mengeluh. Isi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti Membaca Al quran, Perbanyak Solat sunnah, bersedekah jadi ibadah puasa kita tidak hanya menahan lapar dan haus saja tetapi juga bisa meningkatkan kadar keimanan di Bulan Ramadhan ini

Semoga tipsnya bermanfaat ya bro & sis ????

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK