NEWS
DETAILS

Banjarmasin- PT Trio Motor selaku main dealer Honda untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Polresta Banjarmasin, kembali mengadakan sosialisasi dan praktek keselamatan berkendara kepada karyawan Pertamina Banjarmasin.

Adnan kamal, Instruktur Safety Riding PT Trio Motor mengatakan Honda sebagai pelopor keselamatan dalam berkendara selalu memberikan edukasi safety riding kepada masyarakat melalui pelatihan safety riding baik dilakukan ke sekolah-sekolah maupun instansi.

Pada pelatihan safety riding ini, seluruh peserta diberikan materi teori safety riding dan praktek berkendara melalui alat simulator Honda Riding Trainer (HRT). Faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan adalah manusia, kendaraan dan lingkungan. Saat sesi teori, Adnan menyampaikan bahwa sangat perlu menjaga agar sepeda motor tetap terawat dengan baik seperti pemeriksaan kondisi oli mesin, pemeriksaan aki sepeda motor, pemeriksaan rantai sepeda motor, dan pemeriksan tekanan angin ban sepeda motor.

Usai pelatihan teori, para peserta di arahkan ke sesi berikutnya yaitu sesi praktek berkendara dengan menggunakan HRT. HRT sendiri merupakan alat simulasi berkendara yang mana perangkat lunaknya sendiri didatangkan langsung dari Jepang.

Adnan menambahkan bahwa ternyata tidak mudah juga berkendara dengan menggunakan simulasi ini dikarenakan obyek yang terdapat selama perjalanan terkadang tidak diduga-duga.

“Disitulah kita bisa belajar memprediksi bahaya yang timbul saat di jalan raya. Selain prediksi bahaya, ada beberapa menu untuk pilihan rute dan cuaca yang akan dilalui saat berkendara, setelah melalui berkendara dari start sampai finish akan ada nilai evaluasi yang langsung bisa di print, sehingga kita bisa melihat dimana letak kesalahan kita saat berkendara serta mendapatkan penjelasan bagaimana seharusnya kita berkendara,” sambungya.

Peserta sangat antusias dan aktif dalam mengikuti semua sesi yang diberikan oleh tim Safety Riding PT Trio Motor

Aprianoor, salah satu karywan Pertamina Banjarmasin mengatakan sangat berterimakasih kepada Honda dan khususnya tim Safety Riding PT Trio Motor dan Polresta Banjarmasin atas waktunya untuk langsung datang memberikan ilmu dan keterampilan berkendara kepada karyawan Dishub Kota Banjarmasin sehingga mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat terhadap pentingnya keselamatan, bukan hanya keselamatan bekerja tetapi juga keselamatan berkendara. Harapan kami, kegiatan Safety Riding ini bisa menjadi kegiatan tahunan untuk perusahaan kami dan tahun-tahun berikutnya kegiatan ini dapat terselenggara kembali dengan teori dan kegiatan Safety Riding yang lebih menarik lagi.

Pada kesempatan ini, Instruktur Safety Riding PT Trio Motor juga menyerahkan piagam penghargaan antara PT Trio Motor dan Banjarmasin. “Cari aman dijalan bukan lagi hanya sekedar kewajiban tapi juga gaya hidup yang harus dilakukan sebelum berkendara, Jangan lupakan jaket dan Helm sebelum berkendara ,” tutup Adnan.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK