NEWS
DETAILS

Rem merupakan komponen wajib pada suatu kendaraan untuk menghindari kecelakaan dan kejadian yang tidak diinginkan. Teknologi juga semakin berkembang untuk mengatasi masalah pengereman, mulai dari ABS, EBD, BA dan lainnya. Selain mengandalkan teknologi, pengereman pun harus dilakukan dengan skill dan trik khusus untuk memaksimalkan pengereman.

Berikut adalah 6 cara menggunakan rem agar maksimal.

  1. cek kendaraan terlebih dahulu terutama di bagian Roda ban, Kampas Rem, Piringan cakram, Oli rem, Handle /  tuas Rem tujuannya untuk kenyamanan dan keselamatan Anda jika sedang berkendara. Pastikan kondisi rem depan dan rem belakang selalu normal. Lakukan perawatan rem secara rutin dan ganti kampas rem yang sudah habis. Jangan biarkan salah satu sistem pengereman tidak berfungsi. Sebab rem depan dan rem belakang sama-sama dibutuhkan
  2. Analisa situasi dan sistem pengoperasian. Apabila cuaca kurang mendukung seperti Hujan membuat jalanan sangat licin lebih baik berhati-hati lalu kurangi kecepatan agar tidak slip saat berbelok atau melakukan pengereman. Cara pengereman pada jalan yang licin sebenarnya sama dengan jalan turunan dan jalan tikungan, lebih baik berkendara pada kecepatan rendah untuk menghindari lost grip pada ban. Atur kecepatan, Pengemudi harus tau kondisi jalan berlumpur, bertanah atau berair terutama saat hujan. Jika sangat diperlukan rem lakukan pengereman dengan pelan-pelan dan ambil ancang-ancang dari jauh.
  3. Pentingnya ABS (Anti Lock brake system pada motorspor). Secara sederhana, rem ABS adalah fitur keselamatan yang membuat rem tidak terkunci jika dilakukan pengereman mendadak. Fitur ini sangat berguna, misalnya, di jalanan basah atau pasir.
  4. Kendurkan tuas gas sebelum melakukan pengereman. Proses pengereman harus diawali dengan melepas handle gas. Percuma jika kamu mengerem sambil menarik gas karena mesin masih terus memutar roda. Hasilnya pengereman yang dilakukan tidak maksimal.
  5. Gunakan kombinasi Rem depan dan belakang. Pemakaian rem depan yang lebih besar memungkinkan gerakan sepeda motor tidak oleng. Sedangkan apabila anda menggunakan rem belakang lebih besar berpotensi menyebabkan sliding.
  6. Gunakan Engine brake. Engine Brake adalah suatu teknik dimana mesin juga dapat turut serta membantu mengurangi kecepatan mobil

Itulah beberapa tips cara pengereman yang perlu kamu ketahui dan lakukan agar selalu selamat saat berkendara. Stay safe and happy riding bro.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK